Gagal Ginjal Kidney Failure Sebab, Gejala, Obat Symptom Treatment Causes

Penyakit Gagal Ginjal atau bahasa inggrisnya Kidney Failure.

Gagal Ginjal atau ginjal yang tidak berfungsi baik, sehingga tidak dapat menyaring semua makanan & minuman yang masuk.

Di Indonesia ada tiga pengobatan medis yaitu, dengan obat, cuci darah (dialisis) dialysis, cangkok ginjal ( transplantation).

Pengobatan mana yang dipilih dokter tergantung tingkat kerusakan ginjal, ada yang tahap kronis mesti cuci darah dua sampai tiga kali seminggu selama 4- 5 jam sekali cuci.


Setelah Pengobatan dengan cangkok ginjal , maka tak perlu lagi cuci darah tapi harus tetap minum obat seumur hidup agar ginjal baru tidak menolak tubuh barunya dan dapat bekerja baik.

Apabila setelah diperiksa dokter dan dinyatakan gagal ginjal, jangan mencoba pengobatan alternatif dengan herbal tanaman ataupun obat lain yang tidak disarankan oleh dokter penyakit dalam, karena herbal tidak dapat dipastikan kandungan zat aktifnya, efek samping dan dosisnya sehingga bisa membuat penyakit tambah parah.

Penyebab gagal ginjal ada banyak, diantaranya: hipertensi atau darah tinggi, diabetes, obat dan herbal tertentu yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dan jangka waktu panjang, gaya hidup tak sehat, kurang minum air putih, kurang olahraga, kegemukan atau obesitas, batu atau tumor di saluran ginjal, dehidrasi berat karena diare tak diobati, pendarahan hebat, gagal jantung, penyakit lupus, intoksikasi dan lain lain.

Hipertensi dapat menyebabkan gagal ginjal apabila tekanan darah tiba tiba naik sangat tinggi sehingga pembuluh darah di ginjal rusak, atau hipertensi yang sudah lama tidak diobati dengan baik.

Penderita hipertensi harus selalu minum obat yang dianjurkan dokter agar tekanan darah selalu stabil.

Penderita gagal ginjal harus mengurangi konsumsi protein dan garam, minum air putih yang cukup tapi tidak berlebihan.

Orang yang gagal ginjal dengan penyakit hipertensi juga, harus tetap konsumsi obat darah tinggi.

Gejala penyakit gagal ginjal seperti mata atau kaki yang bengkak, pinggang yang nyeri hebat (kolik), waktu kencing terasa sakit, demam, kencingnya sedikit, kencing berwarna merah atau ada darah, sering kencing. Kelainan pada Urin/kencing dengan Protein, Darah/Eritrosit, Sel Darah Putih/Lekosit, Bakteri.
 Sedangkan tanda gejala untuk gagal ginjal kronik diantaranya: Lemas/cepat lelah, tidak bertenaga, nafsu makan berkurang, mual, muntah, bengkak, kencing kurang, gatal, sesak napas, pucat/anemia.

No comments:

Post a Comment