Awet muda Usia Tua Longing Longevity

Memperkuat Daya Tahan Tubuh adalah Cara Jitu Memperpanjang Usia.

Siapa yang tak ingin mencicipi nikmatnya hidup lebih lama tanpa terganggu penyakit yang rentan menyerang, terutama ketika usia lanjut?
Jika saja sejak dini terbiasa menjaga kebugaran dan memperkuat daya tahan tubuh, tentu terlihat bugar dan segar hingga usia senja bukan mimpi semata.

Pertahanan Tubuh Alami



Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan pertahanan alami dari tubuh berupa kemampuan menangkal semua jenis kuman dan virus yang hendak masuk ke dalam tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh melemah, maka kemampuan untuk melindungi tubuh juga berkurang. Begitu juga sebaliknya.

Seiring dengan pertambahan usia, kemampuan imunitas tubuh melawan infeksi menurun. Artinya resiko diserang penyakit seperti infeksi, kanker atau penyakit kronik semakin besar.
Kondisi ini disebabkan oleh perjalanan alamiah penyakit yang berkembang secara lambat dan gejala-gejalanya baru terlihat beberapa tahun kemudian.
Disamping itu, produksi imunoglobulin yang dihasilkan oleh tubuh orang yang sudah tua berkurang jumlahnya, sehingga vaksinasi yang diberikan juga kurang efektif.

Sistem Imunitas Melemah

Selain faktor usia, defisiensi imunitas juga bisa disebabkan oleh:

- Kurang olahraga
Malas berolahraga ternyata juga membuat sistem imunitas ikut malas. Padahal olahraga sangat penting untuk membangkitkan kembali sistem imunitas agar selalu aktif melindungi tubuh. Padahal olahraga sangat penting untuk membangkitkan kembali sistem imunitas agar selalu aktif melindungi tubuh.
Padahal hanya dengan berjalan kaki secara rutin selama 30 menit setiap hari, Anda sudah melakukan upaya untuk meningkatkan kadar leukosit, yaitu sel sistem imunitas yang bertugas memerangi infeksi.

- Obesitas
Kelebihan berat badan jelas tidak bagus. Tak hanya untuk penampilan namun juga  untuk kesehatan, yaitu mempunyai resiko lebih besar terhadap penyakit seperti diabetes, kanker serta gangguan jantung.
Pasalnya, sel lemak yang berlebih akan memicu pelepasan zat kimia pro peradangan yang dapat berakibat pada peradangan kronis.
Ketika peradangan tersebut terjadi, jaringan yang sehat menjadi rusak.

- Stress
Stress ternyata membuat hormon dan adrenalin turun, sehingga daya tahan tubuh melemah dan rentan diserang berbagai penyakit.

- Pola makan tak sehat
Tahukah Anda, mengkonsumsi larutan gula sekitar 75 atau 100 gram dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk mengalahkan dan menghancurkan bakteri.
Untuk itu segera kurangi mengonsumsi makanan yang manis dan berlemak tinggi.

Gizi, Perkuat Imunitas

Asupan gizi yang seimbang ternyata dapat meningkatkan dan mempertahankan imunitas tubuh. Beberapa zat gizi yang Anda butuhkan antara lain:

- Protein
Kekurangan protein akan dapat melemahkan kemampuan tubuh menghalau racun yang masuk ke dalam tubuh. Padahal protein berguna untuk memproduksi antibodi yang bertugas melawan organisme yang menyebabkan infeksi. Oleh karena itu Jangan diet atau mengurangi konsumsi protein Anda.

- Vitamin A
Kekurangan vitamin A akan berakibat menurunnya respon anti bodi tubuh sehingga tubuh mudah terinfeksi.

- Vitamin C
Asupan vitamin C yang cukup tak hanya membuat imunitas tubuh kuat namun juga berperan sebagai antioksida yang dapat mencegah pembentukan sel-sel tumor.

- Vitamin E
Merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas sehingga membantu memperkuat sistem imunitas tubuh.

Olahraga Perkuat Stamina

Olahraga berikut ini bukan sekedar asal menggerakkan tubuh. Terdapat filosofi dan manfaat mendalam jika dilakukan secara rutin.
Selain membuat badan sehat dan daya tahan tubuh kuat, kedinamisan gerakannya bermanfaat untuk membuat Anda terlihat awet muda.

- Tai Chi, Cina
Tai chi merupakan ilmu bela diri kuno Cina dengan rangkaian gerakan yang sangat perlahan, anggun dan mengalir halus untuk melancarkan aliran Chi.
Gerakan Tai Chi bersifat meningkatkan kelenturan, kemampuan gerak sendi, daya tahan tubuh.

- Yoga Jepang
Japanese Yoga dikenal pula dengan OKido atau Ryoho YOga, merupakan salah satu gaya latihan yoga yang menggabungkan Hatha Yoga dan seni pengobatan meridian Jepang dan CIna.
Yoga Jepang bermanfaat untuk memperbaiki kekuatan, kekencangan, kelenturan tubuh, dan daya tahan tubuh.
Juga meningkatkan energi dan kemampuan Anda berkonsentrasi, meredakan stress, serta memperbaiki kondisi tubuh secara keseluruhan.

- Yogalates, perpaduan Timur - Barat
Yogalates merupakan latihan yang gerakannya memadukan pose-pose yoga pilates sehingga menghasilkan bentuk latihan yang unik untuk mendapatkan yoga dan pilates sekaligus.
Gabungan latihan pilates dan yoga ini akan memperkuat postur dan batang tubuh sehingga akan meningkatkan kekuatan, kestabilan, kekencangan tubuh, relaksasi bagi tubuh dan pikiran, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

No comments:

Post a Comment