Gizi Orangtua Sehat Healthy Elderly Old Nutrition

Saya pernah nonton salah satu acara di Elshinta Tv tentang kesehatan sekitar jam 7 malam. Tidak semua kota Indonesia dapat menerima siarannya dengan jelas.

Di dalam acara tersebut dihadirkan seorang dokter ahli gizi sebagai sumber informasi.

Penting untuk dibaca bagi Lanjut Usia dan bagi Anda yang peduli dengan kesehatan Orang Tua.


Orang yang sudah lanjut usia ( Lansia ) kebanyakan mengalami sakit di persendian tulang atau lebih sering disebut Asam Urat / Gout atau Osteoporosis atau Osteoarthritis.

Untuk penderita Asam Urat / Osteoporosis / Osteoarthritis , makanan yang harus dihindari adalah
- Makanan mengandung Purin tinggi seperti asparagus, jamur, ikan sarden, Jeroan, ikan teri, bumbu kacang,
- Makanan dari tepung  seperti roti, mie, biskuit cracker,
- Makanan berlemak, garam,
- Softdrink atau minuman alkohol,
- Mempunyai ragi seperti Tempe, tape.
- Sayuran hijau makan sedikit saja
- Susu juga sebaiknya dikurangi.

Supaya lansia tetap sehat dan daya tahan kuat, konsumsi supplemen vitamin yang ada berbagai jenis vitaminkalsium, mineral.

 Buah buahan diperbanyak, lebih baik buah di blender menjadi minuman jus untuk diminum tiap hari karena lansia memerlukan serat untuk pencernaan. Makanan tinggi serat lainnya Cincau, kolang kaling ( buah atap ), agar-agar. Ada pula yang mengatakan kolang kaling dicuci penjualnya dengan zat kimia berbahaya lalu dijual di pasar.

Penglihatan yang menurun konsumsi pepaya dan wortel yang mengandung beta karoten tinggi. Walaupun orang tua giginya sudah berkurang, Jangan lupa untuk makan daging dan sayur yang kaya zat besi. Tapi daging dan sayurnya jangan berlebihan.

Tak kalah pentingnya, orang tua juga harus olahraga seperti jalan kaki sekitar 30 menit sehari, bila lelah bisa istirahat sebentar.

Setiap orang pasti harus makan makanan berprotein tiap hari karena tubuh kalau tak ada cadangan protein bisa mengambil dari jaringan tubuh lainnya yang dapat berakibat buruk.

Semua jenis gizi makanan harus tetap dikonsumsi, apabila lansia tidak dapat mengigit sebaiknya diblender saja.

Bersepeda bagus untuk perbaiki sendi lutut yang sakit. Sedangkan jalan kaki dan berjemur di pagi hari baik untuk lansia yang merasa sakit di tulang.

Osteoporosis biasanya terjadi pada wanita menopause yang massa tulangnya sudah keropos.
Osteoarthritis menyerang sendi tulang dan otot badan. Merasa otot di lutut atau paha tegang.

Diabetes membuat osteoarthritis menjadi lebih awal muncul di usia 50 an.

Kaki bengkak di betis dikarenakan aliran darah tidak lancar, bisa dikurangi dengan angkat kaki sambil duduk atau tidur memakai bantal sebagai ganjalan.

Ada orang tua atau lansia yang meminum obat mengandung Glucosamine untuk asam urat, osteoporosis dan osteoarthritis, tapi perlu diingat bahwa ada obat glucosamine yang mempunyai steroid berbahaya yang justru membuat keropos tulang. Yang lebih alami adalah makan daun binahong untuk peradangan awal di sendi.

Bagi penderita sakit sendi akut, operasi ganti sendi dengan pemeriksaan terlebih dulu kepada dokter spesialis penyakit dalam rematologi atau Orthopedic ( bedah tulang ). Selain operasi, ada juga tembakan laser ke area tubuh nyeri.
Pengobatan alternatif osteoporosis dengan terapi akupuntur , latihan lainnya yang dapat dikonsultasikan kepada dokter.

Sakit nyeri pinggang bisa dikurangi dengan memakai korset untuk mengurangi gesekan bantalan di ruas tulang punggung. Selain itu korset juga dapat mengurangi nafsu makan sehingga badan lebih langsing.
Penderita nyeri pinggang harus tidur di kasur yang rata dan tidak mudah berubah bentuk.

Apabila bangun pagi lalu pinggang terasa sakit, bisa karena udara dingin, pembuluh darah sempit.

Rasa seperti tertusuk di telapak kaki dan panas badan, biasanya terjadi pada wanita menjelang menopause atau pre-menopause. Oleh karena itu, berolah raga tiap hari untuk mengurangi gejala menopause.

Lansia atau orang tua jangan tidur di kasur rendah karena harus mengangkat beban tubuh berat. Orang yang sudah tua hendaknya menurunkan berat badan untuk mengurangi beban di tulang.

Sakit di otot dapat dikompres dengan air hangat atau dengan pemijatan.

Infeksi tulang belakang atau TBC tulang, badan panas, demam, nyeri pinggang, kanker tulang, saraf pusat atau sum sum, kanker rahim, usus yang menjalar ke tulang adalah berbagai macam penyakit lanjut usia.

Saya pernah menonton wawancara salah satu stasiun televisi dengan keluarga Bapak Presiden Jokowi, Pak Jokowi dan keluarga rajin minum jamu dari temulawak, jahe, kacang hijau dengan madu ( kalau ada ) tiap pagi dan sore. Setelah 4 bulan baru terasa khasiatnya.

Herbal atau obat alami harus dikonsumsi rutin tiap hari selama beberapa bulan untuk merasakan hasilnya.


















No comments:

Post a Comment