Ulasan Samsung Galaxy E7 Android Review Dual SIM Big Battery

Rating : 7,5 dari 10
Skor Kecepatan : Cepat*
ID Produk : SM-E700H
Harga: cek di www.erafone.com, www.tokopedia.com/amori/samsung-galaxy-e7-dua-sim-baterai-besar  
Ketersediaan: Ready Stock
Sistem Operasi : Android KitKat bisa diupdate ke Lollipop
*Note: Keterangan Skor baca tulisan di bawah

Sumber Foto : GSMarena.com




Saya membeli hp Samsung Galaxy E7 pada tanggal 24 Mei 2015, sebulan kemudian Erafone kasih diskon 200 ribu, nyesal deh.
Sebenarnya ingin beli Asus Zenfone 2 tapi belum tersedia; ready stok.

Dua bulan kemudian Bank Mega memberikan diskon 10% dengan kartu kreditnya untuk pembelian apa saja di dalam Carrefour termasuk Samsung Galaxy E7 ini, ARRGGHHH... kesalnya... kenapa saya tidak menunggu...

Dibandingkan dengan Apple iphone 5s dengan spesifikasi dual core 1gb ram yang lebih lancar mulus, simpel (sederhana), mudah pengoperasiannya, karena sistem operasi IOS nya yang sudah dioptimalkan.
Kamera 5 mp Apple pun lebih jernih daripada Samsung.

Ada website yang menulis bahwa samsung sedang ciptakan OS. sendiri karena android selalu penuh memori ramnya.

Aplikasi alarm bawaan dari android tidak akan berfungsi jika hp dimatikan, berbeda dengan alarm nokia yang masih dapat berbunyi setelah hp dinon-aktifkan.
Bila hp android harus terus dihidupkan, maka akan memperpendek usia ketahanan hp tersebut

Samsung Galaxy E7 dengan Processor Quad Core 1.2Ghz dan memori Ram 2Gb tentunya membuat aplikasi berjalan lancar cepat tanpa hambatan. Asus Zenfone 2 memori RAM nya 4Gb, quad-core 2.3Ghz. Jadi bingung ya sekarang mau beli Samsung atau Asus ?

Akan tetapi bila kecepatan internetnya lambat, tetap saja aplikasi juga turut serta melambat, 
Seperti BBm connecting terus di jaringan HSDPA, pernah juga pakai wi-fi, setelah force stop banyak aplikasi baru bisa connected.
Banyaknya aplikasi terpasang juga menjadi penyebabnya.
Jaringan HSDPA sebenarnya lebih cepat dari 3G. Ada tulisan H+ yang sangat kecil di layar atas.

Layar Samsung Galaxy E7 yang LED Sentuh menjadikannya lembut, warna alami memukau berbeda dengan LCD.

Ketika saya memakainya di bawah sinar matahari langsung, di layar LCD masih terlihat warna & gambarnya walaupun tak jelas dengan kondisi cahaya dalam LCD diatur paling minimum alias tak bercahaya sama sekali, akan lebih jelas bila cahaya LCD nya diatur lebih terang.

Sedangkan layar LED tidak terlihat sama sekali dalam kondisi cahaya paling minimum di bawah sinar matahari.

Satu lagi kelemahan layar LED Samsung Galaxy E7: bila disentuh oleh jari basah berair, galaxy E7 ini tidak merespon sama sekali, berbeda dengan samsung galaxy fame yang masih bisa berfungsi,
Oleh karena itu harus tambah sensitivitas sentuh di bagian pengaturan / setting - Tampilan dan wallpaper.

Layar Samsung Galaxy E7 bukanlah Corning Gorilla Glass yang bisa anti gores, 
Sales Erafone bilang sudah ada (tertipu). Warna Silver abu-abu di sekeliling kiri, kanan, atas , bawah dari Samsung Galaxy E7 ini bisa tergores dan berubah jadi hitam sama seperti Samsung Galaxy Fame saya. Bukan hanya tergores, jika terkena cairan atau makanan yang bersifat asam dan keras ( bukan air putih biasa ) maka bisa mengubah warna silver tersebut jadi hitam.

Belilah Flip cover khusus untuk Samsung E7 ini, di online shop di internet lebih murah daripada di mall, sekitar 45 ribu, kalau di mall bisa Rp.65.000,- Jangan lupa kalau beli flip case, coba untuk mencolokkan kabel cas ke lubang di bawah, karena terkadang tidak pas. Coba juga kabel headsetnya di bawah juga. Biarpun bisa masuk kabelnya tapi kalau tidak masuk sepenuhnya, maka tidak bisa di cas.
Flip case saya pertama tidak bisa masuk kabel cas, tapi setelah sering mencoba, dan plastik covernya jadi lunak, akhirnya bisa juga cas.

Memori Penyimpanan internal Samsung Galaxy E7 cukup melegakan, 16 Gb, dapat menyimpan banyak aplikasi, foto, video, dan lain-lain, ditambah memori eksternal sampai 64 Gb.

Aku suka kamera selfie nya di depan walaupun hanya 5 megapixel, karena ada fitur menjepret dengan mengangkat telapak tangan di samping wajah maka kamera depan akan mengambil foto dalam waktu 2 detik. Tangan bisa diturunkan kembali.

Kamera belakang 13 megapixel jarang kugunakan. Tidak ada fitur makro untuk memotret objek dalam jarak sangat dekat karena sudah automatic.

Aplikasi dropbox tidak terpasang oleh pabrik Samsung, jadi tidak ada gratis 50 Gb penyimpanan.
Aplikasi bawaan cukup banyak seperti Line, Salaam, Flipboard, S.Lime, Samsung galaxy Gift, Studio. Semua aplikasi ini tidak bisa dihapus, hanya bisa disabled (tidak aktif).

Baterai Samsung Galaxy E7 cukup besar yaitu 2950mAh. Ini tidaklah seberapa, Lenovo P70 saja sekitar 4000.
Saya sempat pre-order lenovo di bhinneka.com dengan sistem COD tapi dibatalkan seminggu kemudian karena meragukan kualitasnya.

Satu hal yang menjadi pertimbangan adalah baterai Samsung Galaxy E7 ini tidak bisa dilepas tapi harus dibuka sekrup baut nya.
Oleh karena itu, kalau Samsung Galaxy E7 tiba-tiba "hang" alias membeku / tidak berjalan , maka caranya: tekan tombol power di samping kanan atas selama beberapa detik sampai mati.

Di kasus darurat nya, seandainya terkena atau terendam air, jangan menekan tombol apapun, karena kejutan listrik bisa berakibat fatal.
Langsung masukkan ke dalam tupperware atau kotak plastik berisi beras kering yang banyak, tutup rapat. Usahakan taruh di tempat yang jauh dari jangkauan sinyal, supaya tidak menerima panggilan telepon atau SMS, dalam tumpukan kain dalam lemari.

Nilai plus Samsung Galaxy E7 selain baterai besar, yaitu bisa memakai dua kartu SIM sekaligus, yang dimasukkan dari samping kanan, caranya:
- Harus ditusuk lobang kecil disamping kanan, maka akan terbuka sendirinya. Jarum penusuknya sudah tersedia di dalam kotak Samsung.

Kartu SIM harus dipotong hingga tersisa warna kuning emasnya saja, mintalah toko penjual untuk memotongnya dengan alat cutter SIM khusus ke ukuran Nano, gratis koq.

Kartu memori eksternal dimasukkan ke slot kartu SIM yang kedua, di atas SIM satu samping kanan, akan tetapi bila mau memakai kartu memori maka kartu SIM yang kedua tidak bisa digunakan bersamaan dengan kartu memori, hanya salah satu saja.

Tahan tidaknya kapasitas baterai tergantung kekuatan sinyal GSM hp disamping pemakaian hp.

Bila baterai Samsung Galaxy E7 di cas / charge dari nol - 100% memerlukan waktu sekitar 4 jam, dengan charger bawaan untuk E7 ini.

Berapa hari baterai Samsung Galaxy E7 bisa bertahan?
Bisa 48 jam bila cahaya smartphone ini di atur ke paling minimum / paling rendah alias nol,
Sinyal data hanya dihidupkan sekali-kali kalau diperlukan,
Sinyal operator telekomunikasi handphone ( maksud saya sinyal utama untuk menelepon & SMS ) dihidupkan hanya malam hari saja selama beberapa jam ( sekitar 2 - 3 jam ) ,
kebanyakan saya pakai wi-fi di kantor, wi-fi pun hanya sekali-kali juga dihidupkan,
Pemakaian Samsung galaxy E7 ini hanya untuk internet, sms sekali-kali dalam sehari
Dengan semua kondisi pemakaian yang sangat jarang diatas, maka baterai bisa tahan untuk dua hari dengan baterai terisi penuh sebelumnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar baterai handphone awet tahan lama:
Jangan tunggu sampai baterai benar-benar habis semuanya baru di cas , tinggal sedikit harus langsung di cas.
Apabila baterai sudah terisi penuh, segera dicabut kabelnya.
Jangan terkena air dalam keadaan hidup, karena akan mengurangi kapasitas ketahanan baterai.
Mau lebih lama lagi, jangan pakai bila tak perlu.

Cara copy layar Samsung Galaxy E7 ada dua cara:
- Yang pertama , silahkan klik -- > Cara copy layar Samsung , KLIK Disini
- Cara kedua ini sedikit rumit: (biasanya hanya untuk Samsung yang canggih saja ) :
   - Aktifkan dulu Motion Gesture -> Pengaturan / Settings - Motions and gestures - Palm Swipe to          capture - Geser kotak kecil di kanan atas ke arah kanan sampai jadi warna hijau ( yang berarti              sudah aktif )
   - Pilihlah foto, tulisan , video, gambar yang mau di copy / salin, 
   - Letakkan di atas layar, telapak tangan kanan dengan ibu jari menghadap lurus ke atas ( seperti  akan memotong sesuatu ) , 
   - Dengan gerakan yang CEPAT, usapkan telapak tangan dari ujung kiri ke kanan layar (ibu jari hadap lurus ke atas ), usahakan telapak tangan tetap bersentuhan dengan layar.
- Akan muncul tulisan di layar atas, notifikasi bahwa layar sedang di copy.
- Periksalah Galeri foto anda di folder Screen Shot.

Saya tidak membeli lapisan anti gores karena ingin merasakan lembutnya layar Samsung Galaxy E7, seperti menyentuh air.

Penampilan Samsung Galaxy E7 ramping dari samping dengan ukuran layar 5.5 inchi, 
Jangan kuatir dengan ukuran layar besar, ukuran keyboard bisa disusutkan sehingga bisa mengetik dengan satu tangan.
Caranya Buka Pengaturan - Tampilan dan wallpaper - Operasi satu tangan - Input satu tangan dihidupkan ( geser tombol petak atas ke arah kanan ).

Setelah hampir 3 bulan pemakaian Samsung E7 ini saya masih merasa puas.

Jika Samsung Android KitKat Anda terasa lambat, matikan semua aplikasi yang sedang berjalan, caranya: 
Sentuh bagian paling bawah hp Android Anda disebelah kiri dari tombol tengah bawah, maka akan muncul semua aplikasi masih berjalan, di layar bawah ada gambar lingkaran kecil dan 3 garis, Sentuh gambar 3 garis itu.

Samsung Galaxy Fame tombol tengah bawahnya datar sedangkan Samsung Galaxy E7 tombol tengah timbul ke atas sedikit. Saya kira ini pertanda Samsung palsu, 
Saya sempat chat langsung dengan Customer Service Samsung, ternyata memang demikian.

Tanggal 3 Desember 2015 saya chat langsung dengan Staff Samsung Indonesia yang mengatakan Samsung Galaxy E7 tidak akan mendapat update OS Android Lollipop.

Hari ini tepatnya 29 Januari 2016, jam 11.45 Samsung Galaxy E7 mendapat update ke Android Lollipop dengan update size didownload sebesar 820,74mb yang memerlukan waktu satu setengah jam proses update. 
Setelah selesai, Android Lollipop ini memakan memory internal 4,41 Gb.

Samsung galaxy E7 dengan Android Lollipop terasa lebih cepat membuka aplikasi, tapi masih kurang fitur multi user dan Auto On Off (hanya ada di Android Marshmallow)

Seiring berkembangnya zaman, ponsel dengan kecepatan jaringan 4G LTE semakin dicari, 
Samsung galaxy E7 ini ternyata ada dua seri, yang kubeli seri HSDPA ( H+ ) dengan dua SIM , 
Seri lainnya SM-E700F bisa menggunakan 4G LTE tapi hanya dengan satu kartu SIM saja. Harga keduanya pun sama.

Semua Samsung Galaxy keluaran 3 tahun terakhir sudah dapat update OS Android Marshmallow kecuali seri E7 ini.
Anak tiri memang...

Sumber Informasi : Samsung.com

Bandingkan dengan Smartphone Samsung tercanggih - Samsung Galaxy Note 5

5 comments:

  1. Sangat lengkap reviewnya, mantap!

    ReplyDelete
  2. Review juga yang Asus Zenfone 2 dong?

    ReplyDelete
  3. Samsung Smartphone memang kemahalan, overpriced !!!

    ReplyDelete
  4. when this samsung galaxy E7 got updated to Android 6 Marshmallow ? Samsung is very slow in updating.............

    ReplyDelete