Samsung Android Galaxy Fame Review

Rating : 5 dari 10
Skor Kecepatan : Sangat Lambat*
ID Produk : GT-S6810
Ketersediaan : Ada Ready Stock
Harga per tanggal 11 September 2015 : Rp. 1.800.000,-
*Note: Keterangan tentang Skor baca tulisan di bawah

Sumber Foto : GSMarena.com

Pada tanggal 31 Juli 2013, saya akhirnya memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy Fame dengan Operating System Android 4.1 Jelly Bean.


Sebelumnya saya memakai handphone Sharp wx-a92, yang rusak karena saya memberi lem kuat untuk merekatkan kembali penutup memory card yang terlepas di samping handphone. Rupanya lem itu mengalir masuk ke dalam dan menyebabkan tombol back tidak berfungsi.

Lalu saya mencoba memperbaiki sendiri tapi akhirnya rusak total, tidak bisa dihidupkan lagi. Klik Read More di bawah untuk membaca lebih lanjut


Sakit hati ini rasanya dan menyesali kecerobohan saya. Sebelumnya saya juga pernah memberi lem kuat pada penutup mmc tapi kali ini saya memberinya agak kebanyakan.

Kebetulan Samsung lagi promosi diskon untuk beberapa tipe, Samsung Ace 2, Samsung Galaxy Fame, dan beberapa lainnya yang tidak saya ingat.

Samsung Ace 2 dan Galaxy Fame spesifikasi hampir sama, perbedaan di Processornya, Samsung Ace 2 dual core 800Mhz tapi Samsung Galaxy Fame bukan dual core tapi cuma 1 Ghz,
Kapasitas baterai juga berbeda, Ace 2 1700mAH dan Galaxy Fame hanya 1300.
Perbedaan memori RAM juga, Samsung Ace 2 768MB sedangkan Galaxy Fame 445MB.
Layar Samsung Ace 2 lebih besar sedikit.

Perbedaan harga hanya 300 ribu, Okeshop menjual Samsung Ace 2 lebih murah 100 ribu daripada toko lainnya.

Kenapa saya lebih memilih Samsung Galaxy Fame?

Karena daya tahan keduanya sama saja. Maksudnya jika kedua tipe Samsung Ace 2 dan Galaxy Fame dipakai setiap hari selama beberapa jam, berapa lama mereka akan bertahan dan tidak rusak?
Saya pikir pasti sama saja.

Pertama kali memakai handphone touch screen atau layar sentuh, yang tidak memiliki papan tombol sama sekali, papan tombol nya akan muncul di dalam layar bila diperlukan dan Anda tinggal menyentuh layar tersebut untuk menekan tombolnya.

Layar sentuhnya seperti menekan permukaan air atau tahu (Tofu), sangat lembut sekali dengan spesial efek, hampir pop out keluar.

Bingung dibuatnya tapi melalui bermacam percobaan akhirnya sudah terbiasa.

Pertama kali pakai Samsung Galaxy Fame, semuanya berjalan cepat, misalnya saat menyentuh Setting, akan segera muncul berbagai macam pengaturan handphone.

Tentu saja kalau memakai OS Android tak akan lengkap rasanya tanpa aplikasi popular seperti Facebook for Android, Facebook Messenger, Facebook Pages Manager, Instagram, Twitter, Opera Browser, UC browser, Flickr, Line, Kakaotalk, WeChat, Whatsapp, Circle, Yahoo Messenger, Skype, Blogger, Viber, Go Sms Pro, Opera Mini, Firefox, Picsart, Line Camera, Maxthon browser, Dolphin browser, Clean Master, Du Battery saver, Du Speed Booster, Appslock.

Setelah memasang semua aplikasi melalui Google Play Store secara gratis, Samsung Galaxy Fame mulai terasa sangat lambat untuk berpindah antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Maklumlah processor Cuma 1Ghz dan memori RAM 445MB. Sistem Android hendaknya bisa lebih bijak mengatur memori RAM yang kecil.

Saya pikir Samsung Galaxy Fame mulai lambat karena semua aplikasi di atas mempunyai pemberitahuan yang terus berjalan aktif meskipun tidak sedang membuka aplikasi tersebut.
Maksudnya apabila ada teman Facebook yang kirim pesan, tulis sesuatu di dinding Facebook maka akan muncul pemberitahuan yang disertai suara.

Ketika sedang memakai satu aplikasi, saya tidak tahu cara menutupnya dengan sekali sentuh, meskipun sudah tekan tombol back atau kembali. Anda harus menekan terus tombol back itu sampai aplikasi tertutup, capek deh.

Sebenarnya ada satu cara yaitu menekan tombol di tengah di bagian bawah handphone selama beberapa detik, akan muncul semua aplikasi yang aktif dan tidak tertutup.
Sentuh salah satu aplikasinya beberapa detik lalu pilih tutup Atau Anda dapat mengusap layar ke arah kiri secara cepat, ulangi usapannya sampai semua aplikasi tidak ada lagi. Bukankah ini sangat merepotkan?

Kotak handphone Samsung ini pun sangat kecil, pas-pas-an saja, benar benar sebesar ukuran handphonenya. Kabel chargernya pun cukup halus tipis. Tidak ada headphone. Tapi Anda dapat memakai headphone standar lainnya.
Buku panduan manual pun tak ada. Anda harus membacanya di website Samsung.

Operating System Android ini harus diupgrade secara berkala. Demikian juga dengan aplikasi lainnya. Anda harus mematikan upgrade otomatis jika tidak ingin membayar tagihan data yang banyak --- dari Google Play, pilih tombol Menu (bagian bawah handphone sebelah kiri), pilihlah Setelan, Pilih lagi Perbarui aplikasi secara otomatis, nanti ada pilihan Jangan perbarui, Perbarui otomatis, Perbarui hanya melalui Wi-Fi.

Hampir semua teman saya dan keluarga saya memakai Blackberry karena ada Blackberry Messenger BBM. Sebenarnya sulit memutuskan mana yang saya harus beli.

Dengan harga yang saya bayar untuk Samsung Galaxy Fame, sudah dapat spesifikasi yang lumayan canggih. Tapi apakah dengan harga Samsung Galaxy Fame bisa  juga untuk membayar Blackberry dengan spesifikasi yang sama?
Saya rasa tidak bisa, dengan harga demikian spesifikasi Blackberry tidak akan secanggih itu.

Kalau memakai Blackberry harus membayar pemakaian data BBM, browser internet, aplikasi. Sementara saya jarang memakai BBM, lebih banyak pakai Facebook.

Aplikasi whatsapp hampir sama dengan BBM untuk mengirim pesan singkat berupa tulisan, suara, dokumen, video. Whatsapp gratis untuk satu tahun pertama selanjutnya satu Dollar Amerika per tahun.

Blackberry Messenger akan dipisahkan dari perusahaan induknya Blackberry agar bisa lebih dikembangkan lebih baik, tak lama lagi akan ada Video Chatting di BBM, dan akan ada juga versi desktop komputer.

Blackberry Messenger ini pernah dirilis untuk Android pada tanggal 21 September 2013 tapi kemudian ditarik kembali.
Kenali Asset Penting Anda. Recognize your Valuable Asset!

Kenapa Whatsapp tidak menerima iklan saja sehingga bisa memberikan pelayanan Whatsapp secara gratis.

Alternatif dari Whatsapp adalah aplikasi Viber, yang bisa untuk mengirim pesan teks, gambar, video, menelepon gratis untuk sesama pengguna Viber.

Whatsapp dan Viber ini bisa diunduh / download untuk berbagai macam merek Smartphone dengan sistem operasi Android, Windows (Nokia) , Blackberry, IOS (Iphone).

Lagipula pesan SMS sekarang sudah sangat murah, Kartu SIM berbagai operator memberikan sms sebanyak-banyaknya dengan harga sangat murah - selama satu hari.

Fitur lainnya dari Samsung Galaxy Fame:
-        Layar sentuh 3.5 inci
-        Kamera belakang 5 megapixel
-        Kamera depan VGA
-         3G dan Wi-Fi
-        Memori internal 2 Gb
-        Pendeteksi gerak, apabila handphone di miringkan secara horizontal maka tampilan di dalam handphone pun berubah mendatar.
-        GPS untuk mendeteksi lokasi handphone kita.

Selain lambatnya Samsung Galaxy Fame (apabila banyak aplikasi terpasang), kekurangan lainnya dari Samsung Galaxy Fame adalah ketika saya menerima telepon, di layar bagian bawah muncul gambar gagang telepon berwarna hijau, saya mencoba menekan tombol hijau ini beberapa detik tapi tidak bisa menjawab telepon masuk, saya juga menyentuhnya sebentar tetap tidak bisa juga.
       
      Saya coba live chat dengan Customer Service Samsung di website Samsung, katanya untuk menjawab panggilan masuk, sentuh gambar gagang telepon hijau dan geser ke kanan, 
      Untuk mengakhiri panggilan tanpa menjawab, sentuh gambar gagang merah dan geser ke kiri.

      Cara lain menerima telepon di Samsung Galaxy Fame, Anda harus mengatur ulang pengaturan menerima telepon, Caranya:
Dari menu utama di layar,
Sentuhlah gambar petak hijau bergambar gagang telepon (Phone / Telepon), lalu sentuh bagian bawah handphone sebelah kiri (Menu) --- bukan layarnya disentuh tapi bagian BAWAH Handphone sebelah kiri.

Pilihlah pengaturan panggilan
Sentuhlah pilihan Menjawab / Mengakhiri panggilan

Sentuhlah kotak kecil di sebelah kanan dari Tombol utama menjawab panggilan artinya terima panggilan masuk dengan menekan tombol home (tombol paling bawah di bagian tengah handphone).

Sentuh juga kotak kecil di sebelah kanan Tombol daya mengakhiri panggilan artinya Tekan tombol daya / power di samping handphone sebelah kanan atas untuk mengakhiri panggilan tapi tidak mematikan layar.

Perlu saya ingatkan bahwa jika Anda menggunakan internet di Smartphone Android , Anda harus memasang antivirus, carilah kata "antivirus" di Google Play.

Saya sudah mengalami Samsung Galaxy Fame saya di hacking orang, ketika saya menghidupkan Wi-Fi dan memakai Wi-Fi publik, ada seseorang yang selalu menekan tombol di layar Samsung saya dari jarak jauh.
      Ya, kalau sudah terhubung ke internet, seseorang bisa saja melakukannya walaupun saya sudah memasang antivirus.
      Sebenarnya untuk mencegah hacking di Android, Anda harus memasang Firewall, tapi untuk Firewall ini, Anda harus me - Root kan Smartphone Android nya, yang berarti memberi izin aplikasi Firewall untuk mengontrol penuh Smartphone Anda. Setelah saya baca di website lain, hal ini bisa menghapuskan garansi Smartphone.

Untuk cara pemakaian Samsung Galaxy secara lengkap silahkan baca di website Samsung di http://www.samsung.com/levant/consumer/mobile-phones/mobile-phones/smart-phones/GT-S6810PWAMID-support
Di website di atas juga ada cara mengupgrade software Android dengan menghubungkan handphone Samsung ke Komputer --- memakai Samsung Kies yang harus diunduh download ke komputer.
Samsung Kies juga bisa digunakan untuk mentransfer data kontak dan semua data lainnya dari handphone Samsung ke komputer.

Dalam memilih handphone Android yang mau dibeli, merek terkenal yang sering dibeli adalah Samsung, LG, Sony. Di antara tiga merek ANdroid ini, banyak pula tipe nya. Bingung?

Menurut saya, tergantung kebutuhan Anda, jika ingin memasang banyak Aplikasi Android, lebih baik memilih hp Android yang processor nya minimal Dual Core, Quad Core, Octa Core atau lebih tinggi.
Memori RAM nya pun minimal Satu Gb atau 2 Gb, bahkan ada yang lebih.

Processor dan Memori Ram yang tinggi membuat Hp Android lebih cepat, tidak lambat, memproses aplikasi yang banyak, yang sedang berjalan, multi tasking.

Jika Anda suka foto selfie dan banyak aplikasi pula, pilihlah kapasitas penyimpanan memori internal minimal 8 Gb, 16 Gb atau lebih dan yang ada slot memori eksternal.

Saat ini banyak bermunculan hp Android dari luar negeri, yang murah bergaransi tapi canggih juga, seperti yang satu ini, Klik ini --> http://www.tokopedia.com/amori




3 comments:

  1. Benar benar panduan berguna, sekarang saya tahu mau beli handphone yang mana.

    ReplyDelete
  2. My Android has error keeps coming up "Unfortunately, TouchWiz Home has stopped"
    What's wrong with that?

    ReplyDelete
  3. good luck ... mark ............ mark.............. LOL ........... ^_^

    ReplyDelete