Tauge perlancar pencernaan bean-sprout-digestion

Tauge Perlancar pencernaan / Bean Sprout Digestion

Tauge atau Toge, tanaman kecambah yang satu ini memang banyak dan gampang sekali untuk kita temui dalam hidangan makanan kita sehari-hari.



Tauge adalah salah satu jenis makanan kecambah yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Sebagian orang bilang, jika wanita yang ingin sekali memiliki anak maka perbanyaklah makan tauge.
Tapi sebenarnya tauge bukan hanya makanan penambah kesuburan saja. Akan tetapi, banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya termasuk untuk kesehatan tulang juga.

Namun, manfaat tauge bukan cuma itu. Kandungan vitaminnya yang sangat tinggi membuat tanaman berkecambah ini banyak dicari orang.

Kandungan vitamin B tauge akan meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat, yang dapat membantu proses pencernaan glukosa ketika glukosa telah dihasilkan, maka dia akan memberi masukan pada sel-sel syaraf termasuk sel syaraf pada organ-organ kesuburan pria.

Tauge juga mengandung vitamin C yang mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 15 mg per 100 gram setelah 48 jam.
Vitamin C ini berfungsi untuk kesuburan fertilitas pria.
Kekurangan dalam mengkonsumsi vitamin C dapat mengakibatkan sel sperma menjadi lengket, yang akan mengganggu pembuahan sel telur karena sel sperma akan sulit mencapai sel telur.

Kandungan Vitamin E tauge juga mengalami peningkatan selama berkecambah dari 24 - 230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117 - 662 mg per 100 gram kecambah.
Vitamin E ini dikenal untuk kesuburan karena berfungsi dalam pembentukan testosteron yang diperlukan bagi kesuburan pria.

Antioksidan yang terdapat dalam Vitamin E ini dapat melindungi sel telur (spermatozoa) dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Protein tauge juga lebih tinggi 19 persen dibanding kandungan protein dalam biji aslinya.

Selama proses menjadi kecambah, terjadi pembentukan asam amino esensial yang merupakan penyusun protein.

Manfaat tauge lainnya, menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan.
Tauge juga baik untuk kecantikan yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan juga melangsingkan tubuh.

Bagi wanita yang rajin makan tauge, akan membantu terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, pra-menopause, dan gangguan akibat menopause.

Gangguan menjelang menstruasi misalnya rasa sakit perut.

Konsumsi tauge lebih banyak menjelang masa menstruasi dapat mengurangi nyeri haid yang kerap mengganggu aktivitas.

Alasan kenapa tauge dapat mengurangi nyeri di perut jelang menstruasi disebabkan tauge mengandung salah satu vitamin yakni vitamin E yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.


No comments:

Post a Comment