Iklan Gratis di Tokobagus.com, berniaga.com, tokopedia.com, facebook.com, rakuten.co.id

Ulasan / Review Situs/ Website Iklan Gratis di Tokobagus.com, Berniaga.com, Tokopedia.com, Facebook.com, Rakuten.co.id

Tokobagus.com adalah situs penyedia jasa bagi siapa saja yang ingin memasang iklan secara gratis di Internet. Dengan kata lain Anda memiliki "Toko Online"


Berikut di bawah ini ulasan mengenai toko online mana yang bisa dipercaya?





Pertama kali mengetahui tentang tokobagus.com dari adik saya yang jualan online di internet.


Adik saya menerima surat dari tokobagus.com yang berisi kode verified member atau anggota terverifikasi/ terdaftar.


Awalnya saya pikir untuk menjadi verified member harus bayar. Tapi setelah saya baca dari internet, ternyata Gratis juga.


Saya mengirim permohonan jadi anggota verified member pada tanggal 18 Desember 2012 tapi pada tanggal 14 Januari 2013 baru sampai. Surat verified member dikirimkan oleh pihak Tokobagus pada tanggal 02 Januari 2013.


Saya mencari info di Google Search dan menemukan bahwa ada orang yang menerima surat verified membernya 2 minggu setelah pengiriman, ada yang terima setelah 16 hari, dan ada pula yang 20 hari.


Pengalaman pertama saya beriklan gratis di tokobagus.com cukup sukses, karena saya memasang iklan barang yang cukup laku di pasaran antara lain LCD/LED TV, Playstation Sony bekas. Tentunya Anda harus memberi harga yang lebih murah dari pasaran agar laku.


Akan tetapi setelah beberapa bulan, memasang iklan di tokobagus.com mulai sulit, karena tokobagus support team/ Staff tokobagus agak lama mengaktifkan iklan saya, sehingga saya harus sering mengirim email kepada mereka agar mengaktifkan iklan saya.


Memang proses beriklan gratis di tokobagus.com ini mengharuskan setiap iklan yang baru saja diterbitkan untuk dimoderasi atau dinilai terlebih dahulu apakah pantas atau tidak, sesuai peraturan pasang iklan tokobagus atau tidak.


Apabila iklan gratis Anda ditolak, maka tokobagus.com akan mengirimkan pemberitahuan ke email Anda, akan tetapi terkadang mereka tidak memberitahukan alasan yang jelas mengapa iklan ditolak, malahan Anda disuruh baca sekali lagi peraturan pasang iklannya.


Memilih alamat website/ nama domain untuk semua iklan Anda haruslah dipikirkan baik-baik pada saat pendaftaran akun tokobagus.com misalnya "nama-toko-Anda.tokobagus.com"

Nah, gantilah kata "nama-toko-Anda" diatas dengan pilihan Anda. Setelah menetapkan nama tokonya Anda tidak dapat merubahnya lagi meskipun Anda menghubungi pihak tokobagus.

Setelah saya beriklan, ada sekitar lebih dari 30 orang yang sms saya tapi sayangnya kebanyakan hanya bertanya saja tentang info barang tanpa membeli.

Sejauh ini hanya satu orang pembeli saja.

Jadi, di tokobagus.com ini Anda dapat beriklan barang baru atau bekas. Daripada dibuang sayang, lebih baik dijual.


Selain tokobagus.com, Anda dapat pasang iklan gratis di website berniaga.comkaskus.co.idtokopedia.com, atau bahkan di Facebook (kalau di Facebook, Anda harus punya banyak teman Facebook dulu)


Tokobagus.com dan Berniaga.com saling bersaing dalam hal mempromosikan website mereka di iklan televisi lokal kita. Anda mungkin sering melihat iklan tokobagus atau berniaga di TV?


Untuk mendapatkan banyak teman Faceboook, baca tulisan saya di how-to-increase-facebook-friends dan juga di increase-your-facebook-follower


Kalau peraturan beriklan di Berniaga.com tidaklah ketat seperti di tokobagus.com tapi pada saat puasa, Anda tidak boleh pasang iklan makanan dan minuman di Berniaga.com.


Menurut saya, staff dan karyawan di Berniaga.com lebih baik dalam merespon keluhan daripada tokobagus.com


Berniaga.com tidak memberikan Anda alamat website untuk menemukan iklan-iklan Anda seperti http://nama-toko-anda.tokobagus.com


Bagi yang tidak mau menggunakan email untuk mendaftar di tokobagus dan berniaga, dapat memanfaatkan Facebook mereka untuk mendaftar.


Untuk beriklan Gratis di Facebook, caranya adalah dengan TAG / (mengkaitkan/ menandakan/ beri tanda) foto produk atau barang yang mau dijual ke teman-teman Facebook Anda, sehingga teman-teman Facebook bisa melihat barang tersebut.

Ataupun dengan cara menuliskan promo barang di Wall/ Dinding Facebook teman Anda.
Bisa juga dengan pesan pribadi ke Facebook teman.
Cara lainnya beriklan gratis di Facebook adalah dengan mempromosikan produk Anda di Fanpage Facebook yang memiliki banyak Fansnya.

Tokopedia.com memberikan alamat website untuk semua iklan Anda di http://tokopedia.com/nama-Anda


Tampilan tokopedia.com juga lebih bagus, ada info produk (tempat etalase produk), info toko, diskusi produk (untuk komentar/pertanyaan dari pembeli), ulasan (pembeli memberi penilaian terhadap toko).


Tokopedia.com juga menjamin keamanan jual/ beli bagi penggunanya sehingga Anda tidak akan ditipu atau istilah bahasa inggrisnya escrow.


Bagaimana Tokopedia.com menjadi agen escrow?
Tokopedia.com menyediakan rekening bank milik Tokopedia sendiri yang dapat dipakai oleh anggota terdaftar tokopedia. Jadi, pembayaran produk yang dibeli ditransfer/ dikirim ke rekening ini, dan apabila produk telah sampai ke pembeli, barulah uang tersebut dapat ditarik oleh pihak penjual dari rekening tersebut.

Kaskus.co.id memiliki forum terbesar di Indonesia dengan total anggota lebih dari 3 juta orang dan terus bertambah.

Sekarang Kaskus sedang menyiapkan marketplace atau tempat jualan yang mirip dengan tokobagus.

Selain bisa berjualan di Kaskus, Anda juga dapat mencari teman dan berdiskusi mengenai topik apa saja.


Rakuten.co.id juga menjamin keamanan transaksi jual beli Anda, agar Anda tidak sia-sia membayar produk atau jasa yang dibeli atau lebih tepatnya Rakuten.co.id adalah agen escrow Anda.


Kelebihan Rakuten.co.id yaitu jasa konsultasi toko atau bisnis online Anda dari pihak Rakuten yang sudah berpengalaman.


Kelebihan rakuten.co.id:

 Anda bisa memilih metode pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit, transfer, internet banking ataupun tunai.
Bisa mendapatkan bonus poin untuk dimanfaatkan.
Bisa membeli beberapa barang sekaligus.
Bisa meminta katalog produk dari toko.
Melihat review/ulasan produk dari pembeli.
Anda juga bisa memajang produk sedang diskon.
Alamat toko online untuk Anda seperti "nama-toko.rakuten.web.id"



Demikianlah Cara Pasang Iklan Gratis di Internet dan Ulasan baik dan buruknya. 

Saya akan menambahkan info baru kalau ada.

Mulai Beriklan di Google













3 comments:

  1. Bagaimana dengan ebay dan amazon?

    ReplyDelete
  2. Hi Lisa,
    Di ebay, kamu harus bayar kalau mau pasang iklan, saya sudah coba, dan harus bayar $0.50

    ReplyDelete
  3. Iklan di tokobagus.com harus disetujui dulu oleh Staff Tokobagus.com baru iklan tersebut bisa dilihat semua orang.
    Dan menunggu persetujuan iklannya lama sekali!!!

    ReplyDelete